Hosting Murah Hosting Murah Hosting Murah Hosting Murah

Saturday, November 12, 2011

Daerah wisata harus dikunjungi di pulau Lombok

Daerah wisata harus dikunjungi di pulau Lombok


Pernah dengar keindahan alam dan panorama wisata yang eksotis di Pulau Lombok???
Anda mau jalan-jalan ke Pulau Lombok namun belum pernah kesana dan mengetahui tujuan-tujuan yang ingin dikunjungi di Lombok?  Bila Anda belum mempunyai tujuan yang pasti, menurut teman yang tinggal di kota Mataram, dengan punya waktu 2 (dua) hari bisa mengunjungi seluruh daerah pariwisata di Lombok, tentunya minus mendaki gunung Rinjani atau menginap di pulau Gili Trawangan.

Di bawah ini akan saya sampaikan beberapa daerah yang layak dikunjungi (walaupun saya juga belum sempat mengunjungi semuanya), sesuai brosur pariwisata yang saya peroleh dari hotel yang ada di Lombok :
1.       Suranadi. 
Di sini ada hotel lengkap dengan kolam renang air hangat dan lapangan tennis. Juga ada pura Hindu tertua, berlokasi 17 km jika naik kendaraan dari kota Mataram.
2.       Lingsar.
Pura dengan ikan keramat di dalam kolam, lokasi 9 km dengan naik kendaraan dari kota Mataram.
3.       Narmada. 
Kebun Raya Lombok, dengan kolam renang, serta ada pura Hindu yang sering digunakan umat Hindu untuk bersembahyang, lokasi 12 km dengan kendaraan dari kota Mataram.


4.       Batu Bolong. 
Terdapat pura diatas batu karang yang menjorok ke laut, dan jika cuaca cerah bisa melihat gunung Agung di pulau Bali, serta bagus untuk melihat pemandangan saat sunset. Lokasi 8 km dengan kendaraan dari kota Mataram. Untuk memasuki area, maka kita diwajibkan memakai pita kuning dari kain (dapat menyewa di lokasi), yang dipasang melingkari pinggang. Pemandangan disini indah sekali, air laut menerobos melalui sela-sela batu karang yang berlubang, menimbulkan bunyi gemerosak. Sayang saat saya kesini, cuaca masih mendung selepas turun hujan, tapi pemandangan indah sekali. Matahari mengintip di sela-sela awan, dan cahayanya jatuh terpantul di air laut.
5. Senggigi. 
Pantai alam berpasir putih yang bersih, dikelilingi hotel, losmen dan bungalow. Sangat indah sekali, terutama jika waktu sunrise maupun sunset. Lokasi 10 km dengan kendaraan dari kota Mataram. Di pantai banyak penjaja cinderamata, berupa mutiara budidaya air tawar yang berwarna warni, mulai dari harga Rp.25.000,- Juga penjaja kaos bertuliskan Lombok dan Senggigi, serta ukiran khas Lombok pada kayu, bisa berupa tempat buah, topeng dan lain-lain.
6. Sire Beach. 
Taman laut dengan exotic coral dan ikan yang berenang kian kemari. Berlokasi 36 km dengan kendaraan dari kota Mataram.
7. Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan
Pulau kahyangan di utara Lombok, dikelilingi taman laut. Disini banyak orang diving maupun surfing. Di pulau ini sudah banyak hotel dan losmen, sehingga bisa menginap disini, pantainya masih asli. Untuk mencapai lokasi ini bisa menggunakan kapal motor.
8. Sukarare. 
Desa tempat orang menenun, disinilah jika ingin membeli kain tenun tradisional khas Lombok, serta melihat bagaimana para penenun melakukan pekerjaannya. Lokasi 25 km dengan kendaraan dari kota Mataram.

9. Rambitan/Sade.
Desa asli Lombok, dengan rumah tradisional suku Sasak, lokasi 50 km dengan kendaraan dari kota Mataram.
10. Kuta/Tanjung Aan
Pantai Mandalika dengan lampu-lampu yang berkilauan , dimana kita bisa berenang, terdapat hotel dan restoran. Setiap tahun ada perayaan menangkap/melihat Nyale fish, lokasi 56 km dengan kendaraan dari kota Mataram.
11. Mataram. 
Mataram adalah ibu kota propinsi Nusa Tenggara Barat. SedangkanAmpenan merupakan kota pelabuhan lama (sekarang sudah pindah ke Lembar). Kota Ampenan berciri khas arsitektur kuno, yang bila dibersihkan dan dirawat dengan baik, akan menjadi daerah tujuan wisata yang digemari. Di kota Mataram (yang sudah menjadi satu kesatuan dengan kota Ampenan dan kota Cakranegara) kita bisa wisata kuliner, dengan makan makanan Lombok yang ciri khasnya adalah pedas. Di Jakarta kita sering melihat rumah makan Taliwang, yang ternyata Taliwang adalah nama suatu daerah, yang awalnya banyak penjual makanan khas Lombok di daerah ini. Makanan khas Lombok, antara lain: Plecing kangkung, ayam plecingan, ayam julat (ayam yang bumbunya pedas sekali), sambel beberok. Plecing ternyata merupakan nama masakan, sehingga dikenal masakan kangkung yang diberi /dimasak bumbu plecing, ayam yang dimasak plecing (ayam diberi bumbu pedas, didiamkan, dibakar/digoreng, kemudian diberi bumbu pedas lagi). Sambel beberok adalah sambel yang dibuat dari irisan terong ungu, irisan bawang merah, irisan tomat dan cabe, disajikan bersama makanan khas Lombok lainnya. Minuman yang khas adalah kelapa madu, terdiri dari air kepala muda, dan kelapa mudanya di suwir-suwir serta diberi madu…ehhm…sedaaap. Untuk membeli oleh-oleh kain tenun khas Lombok, bisa diCilinaya Shopping Centre.

12. Cakranegara
Merupakan kota bisnis, terdapat pasar pertanian, pasar burung, dan mata air Mayura serta pura Meru, pura terbesar di Lombok. Cakranegara konon dulunya merupakan bekas kerajaan, namun bekas kerajaan (situs) sudah tak bisa dikenali. Jika ingin oleh-oleh makanan, maka bisa membeli kaki ayam goreng, telur asin dan berbagai manisan dari rumput laut.
Catatan : Perjalanan ke kota Mataram, bisa ditempuh menggunakan pesawat terbang dari Jakarta. Jarak tempuh 4 jam jika transit di Yogya atau Surabaya, tapi bila langsung (penerbangan Garuda pagi hari dari bandara Selaparang) hanya ditempuh dalam waktu 1 jam 33 menit.

Sumber : www.edratna.wordpress.com


Tourist areas worth visiting
on the island of Lombok


Ever heard of natural beauty and panoramic tours of the exotic on the island of Lombok?
You going for a walk to the island of Lombok but has not been there and know the goals you want to visit Lombok? If you do not have a definite goal, according to friends who live in the city of Mataram, with a period of 2 (two) days to visit all areas of tourism in Lombok, of course minus the Rinjani mountain climbing or stay on the island of Gili Trawangan.

Below I will present some of the areas worth a visit (though I also have not had time to visit all of them), according to tourism brochure that I get from the hotel in Lombok:

1.       Suranadi.
Here there is a complete hotel with warm water swimming pool and tennis courts. There is also the oldest Hindu temple, located 17 km if the ride vehicle from Mataram.
2. Lingsar.
Temples with sacred fish in the pond, the location of 9 km with a drive from the city of Mataram.
3. Narmada.
Lombok Botanical Gardens, with a swimming pool, and there are Hindu temples are often used for Hindu worship, location 12 km by road from the city of Mataram.
4. Batu Bolong.
There is a temple upon a rock that juts into the sea, and if the weather is sunny can see Mount Agung on Bali island, and great to see the scenery at sunset. Location 8 km by road from the city of Mataram. To enter the area, then we are obliged to wear yellow ribbons of fabric (can be rented on site), which fitted waist.Beautiful scenery here, the sea broke through the rock between the holes, making a sound gemerosak. Unfortunately when I come here, the weather is still cloudy after the rain, but the scenery was beautiful. The sun peeked between the clouds, and the reflected light falls in sea water.

5. Senggigi.
Natural white sandy beaches are clean, surrounded by hotels, inns and bungalows. Very beautiful, especially if time is sunrise and sunset. Location 10 miles by car from Mataram. On the beach a lot of souvenir hawkers, freshwater cultured pearls in the form of the colorful, ranging from the price of 25.000, - Also vendors shirt that said Lombok and Senggigi, Lombok and engraving on wood, can be a place of fruit, masks and others.
6. Sire Beach.
Marine park with exotic coral and fish that swim to and fro.Located 36 miles by car from Mataram.
7. Gili Air, Gili Meno and Gili Trawangan.
Heaven in the north of Lombok island, surrounded by marine park. Here many people diving and surfing. In this island has many hotels and inns, so they can stay here, the beach is still the original. To reach this location could use a motor boat.
8. Sukarare.
Village where people weave, this is where if you want to buy the traditional woven cloth Lombok, and see how the weavers do their jobs. Location 25 km by road from the city of Mataram.
9. Rambitan / Sade.
The original village of Lombok, Sasak tribe with traditional houses, the location of 50 km by road from the city of Mataram.
10. Kuta / Tanjung Aan.
Mandalika beach with the sparkling lights, where we can swim, there are hotels and restaurants. Every year there are celebrations capture / view Nyale fish, location 56 km by road from the city of Mataram.
11. Mataram.
Mataram is the capital of West Nusa Tenggara province.SedangkanAmpenan is an old port city (now moved to a sheet).City Ampenan distinctively ancient architecture, which, when cleaned and cared for properly, will become a popular tourist destination. In the city of Mataram (which has become an integral part of the city and town Ampenan Cakranegara) culinary tour we could, by eating a typical Lombok is spicy. In Jakarta we often see Taliwang restaurant, which turned out to Taliwang is the name of a region, which was initially a lot of typical food vendors Lombok in this area. Lombok typical food, among others: Plecing spinach, chicken plecingan, the range chicken (very spicy chicken marinade), beberok sauce. Plecing proved to be the name of the dish, so well known that given the spinach dishes / cooked flavor plecing, plecing cooked chicken (chicken flavored with spicy, silenced, baked / fried, then given a more spicy flavor).Beberok sauce is a sauce made from slices of eggplant purple, red onion slices, sliced ​​tomatoes and peppers, served with other dishes Lombok. Typical drink is coconut honey, made up of water a young head, and his youth in shredded coconut, shredded and given honey ... ... sedaaap ehhm. To buy souvenirs typical Lombok woven fabric, can diCilinaya Shopping Centre.
12. Cakranegara.
Is a business city, there is a farm market, bird market, and springs Mayura and Meru temple, the largest temple in Lombok.Cakranegara reputedly was once the former kingdom, but the former kingdom (the site) was unrecognizable. If you want to by-the food, then you can buy fried chicken legs, salted eggs and other sweets from seaweed.

Note: Travel to the city of Mataram, can be reached by planes from Jakarta. Distance of 4 hours if transit in Yogyakarta or Surabaya, but when the direct (morning Garuda flight from the airport Selaparang) only to within 1 hour 33 minutes.


Sources: www.edratna.wordpress.com


No comments:

Post a Comment

kalau suka, komentarnya dong disini.. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...